WELCOME TO MY BLOG

Jumat, 16 Oktober 2009

Sony Tarik Kembali 438.000 Laptop Vaio


Heni BeritaNET.com, 08 September, 2008 03:58:44

Sony Corp. telah mengalami kerugian lebih dari 4 persen dalam tiga tahun terkahir setelah perusahaan pembuat elektronik terbesar tersebut mengumumkan penarikan kembali secara besar-besaran sekitar 438.000 computer portable Vaio. Hal tersebut dikarenakan computer Vaio memiliki kemungkinan menimbulkan adanya overheating atau panas berlebihan, yang mungkin dapat membunuh user pemilik computer Vaio.

Sony sepertinya cukup berlapang dada dengan jumlah besar retur computer laptop tersebut, sebagai hasil tindakan dari akibat yang membahayakan user, yakni computer Vaio dapat membakar user. Dell Inc., Apple Inc, dan pembuat PC top telah melakukan retur juga untuk baterai Sony pada tahun 2006 di Jepang dan meninbulkan kerugian sebesar 51 triliun yen atau USD 481.5 juta untuk Sony.

Sony mengungkapkan bahwa akibat dari adanya retur besar-besaran ini secara langsung akan mencoreng reputasi dari Sony dengan predikat perusahaan terbesar pembuat elektronik, karena hal tersebut merupakan salah satu bisnis Sony yang utama. Menghadapi masalah ini, Sony agak terlambat merespon kecacatan dari produknya.

Mitsushige Akino, manager keuangan dari Ichiyoshi Investment Management, mengatakan bahwa penarikan kembali produk Vaio Sony tersebut dapat merusak brand Sony jika Sony benar-benar menemukan kelemahan dari brand produknya sendiri, yang telah dirilis secara luas. Sony mengungkapkan, permasalahan pada Vaio, sebuah laptop yang telah diproduksi antara Mei 2007 dan Juli 2008, adalah berkaitan dengan posisi kabel yang berada di dekat engesl laptop, sehingga hal ini dapat menyebabkan arus listrik dalam sirkuit yang pendek dan kemudian overheating atau menimbulkan panas yang berlebih.

Sebelum mengalami masalah ini, Sony sebenarnya telah menjadikan PC laptop Vaio ini dalam tujuh pilar kebanggannya, dan Sony memperkirakan akan memperluas jaringannya hingga mencapai keuntungan USD 9.4 triliun hingga akhir Maret 2011. Namun, sepertnya impian Sony kini telah hilang sudah, sejak adanya masalah kabel Vaio pada bulan Agustus 2007 lalu. (h_n)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar